Tutorial Praktis Membuat Teks Melingkar di Photoshop

pusing

Jika sebelumnya saya sudah pernah membahas cara membuat teks melingkar di Corel (Baca: Panduan Praktis 5 Menit Mendesain Stempel), sekarang gilirannya Photoshop nih. Lagipula, mungkin masih banyak dari pembaca yang belum mengetahuinya. Dijamin akan sama mudahnya. Seperti apa sih?

  1. Pertama kali, buat dulu seleksi lingkaran di photoshop dengan Elliptical Marquee Tool (M). Klik pada panel Path lalu pilih Make Work Path from Selection.

    Lokasi Path
    Lokasi Path
  2. Nah, kini seleksi lingkaran yang sudah dibuat telah berubah jadi path.
    Untuk mulai mengetik, pilih Horizontal Type Tool (T). Coba arahkan ke garis path sampai ada tanda garis lurus dan bentuk gelombang baru klik di sana. (Saya kesulitan mencari kata-kata yang tepat. Silahkan lihat gambar saja ya..).
    Tanda teks pada path
    Tanda teks pada path

    Silahkan ketikkan kalimat apa saja. Tapi setelah mengetik, ternyata teks-nya tidak bisa sampai satu lingkaran penuh. Harus bagaimana?
    kalimat apa saja
    Mengetik Teks
    Mudah. Ketika Horizontal Type Tool (T) masih aktif, seleksi semua tulisan. Klik di toolbar bagian atas ikon Toogle the character and paragraph palletes. Jika sudah muncul palletes character-nya, pilih saja atau bisa ketikkan langsung jarak spasi atau tracking.

    Cara cepatnya saat seluruh kalimat sudah terseleksi, tekan dan tahan tombol Alt sambil tekan tombol panah kiri untuk meregangkan dan tombol panah kanan untuk merapatkan huruf. Kalau sudah pas, tekan Ctrl + Enter.

    Tracking
    Mengatur spasi karakter
  3. Terakhir, untuk menghilangkan lingkaran itu sendiri, tinggal anda rasterize saja teks-nya. Klik menu Layer > Rasterize > Type.
    Kalimat yang sudah dirapatkan
    Kalimat yang sudah dirapatkan

    Sudah selesai deh tutorial ini. "Loh..loh...mas, kok di paling awal ada teks pusing yg mengelilingi kepala orang itu gimana tokh mas cara buatnya?". Owya. Maaf hampir lupa. Ok. Kita teruskan lagi.

  4. Setelah layer teks di-razterize, posisikan di objek gambar yang jadi target. Lihat contoh ini ya.

    Posisi teks pada objek
    Posisi teks pada objek
  5. Kembali saja ke pallete layer. Pilih layer teks, klik menu Edit > Free Transform (Ctrl+T). Klik kanan di objek, pilih Distort.

    Atau cara pintasnya, saat free transform aktif, tekan Ctrl lalu drag & drop di salah satu sudut kotak seleksi Free Transform sampai terlihat melengkung. Lihat gambar lagi ya.

    shortcut distort
    Tekan Ctrl sambil tarik di ujung kotak
  6. Sekarang, agar ada kesan text mengelilingi gambar, tinggal dihapus saja bagian teks yang ingin dibuang. Silahkan pakai Eraser Tool (E) atau diseleksi dulu juga oke. Setelah dihapus, baru diberi macam-macam efek terserah anda sehingga hasil akhirnya seperti ini.
    Hasil akhir
    Hasil akhir

    Ok. Selamat berkeliling eh...membuat teks keliling :)
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

4 Komentar

  1. wah bagus juga nih tutorial Photoshopnya,singkat dan jelas untuk pemula seperti saya

    BalasHapus
  2. Terima kasih ya gan, tutorial photoshopnya bagus singkat dan jelas untuk pemula seperti saya

    BalasHapus
  3. wah menarik juga ya belajar photoshop.saya bisa banyak tau tentang trik membuat teks melingkar. makasih ya gan

    kunjungi juga website kampus sy di http://www.atmaluhur.ac.id dan website saya https://misri.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama