Bisakah Undo Berkali-Kali Tanpa Batas di Photoshop?

TIDAK BISA!. Itu jawaban saya. Karena tidak mungkinlah photoshop bisa mengembalikan tanpa batas suatu gambar yang sudah begitu banyak sekali hasil polesan. Semuanya pasti berbatas kan?.

Tapi, jangan putus-asa dulu karena ternyata memang ada caranya agar bisa mengembalikan ke proses editing yang sudah terlalu banyak. Kalau dulunya anda ingin membuat editing anda kembali ke proses yang sudah terlanjur hilang dari panel History, anda hanya bisa pasrah dan klik Open saja. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi karena saya sudah menemukan SOLUSINYA!!! (bahasanya mirip pedagang obat...hihi).

Coba lihat tampilan panel History saya di bawah ini.
Sebenarnya kalau di-scroll ke bawah lagi, masih banyak langkah-langkah yang tercatat di History-nya. Kok bisa gitu yak?. Gimana caranya?.

Sederhana saja. Kalau anda rajin mengoprek program yang anda install, terutama dibagian setting, pasti anda juga akan mudah menemukan cara ini. Sebenarnya ini cara lama tapi mungkin masih banyak yang belum tahu. Langkah-langkah membuat Photoshop menyimpan semua proses editing di history adalah:
  1. Di Photoshop (saya memakai Cs3), klik menu Edit > Preferences > General (Ctrl+K).
  2. Di sebelah kiri, klik Performance.
    Lalu coba anda perhatikan. Kira-kira di bagian mana yang dirubah agar history bisa menyimpan banyak langkah?. Yap. Betul. Itu adalah di tab History & Cache. Terutama di History States. Nah, di sini anda hanya harus merubah nilai dari yang semula 20, ke berapapun maksimal sampai 1000.
panel history
History States
Pada contoh saya mengisi dengan 1000. Sebenarnya sah-sah saja jika anda ingin begitu. Karena saya sendiri tidak merasakan komputer yang menjadi lamban atau masalah sejenisnya. Tapi menurut saya, isikan saja nilai antara 30-50. Karena kalau sudah terlalu banyak, nantinya bingung juga proses editing mana yang ingin dikembalikan. Bisa-bisa tambah bikin kepala pening.

Yang terakhir, untuk membersihkan history, dengan kata lain menghapus history saat proses editing. Ini dilakukan dalam kondisi jika anda sudah terlalu stress karena melihat history yang tercatat terlalu banyak (tergantung nilai di History States). Hahaha.

Becanda ding. Sebenarnya menghapus cache history bisa meringankan kinerja RAM juga lho. Jadi RAM tidak akan terlalu terbenani. Apalagi menjadi beban keluarga. Halah..
Untuk menghapusnya, klik menu Edit > Purge. Ada beberapa pilihan. Tapi daripada bingung menentukan yang mana, langsung saja klik All. Finish deh.
Referensi:
tutorimaru.blogspot.com
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama