Memulai Bahasa C: Download dan Install Dev C++

C language

Bahasa pemrograman C bisa dibilang sebagai bahasa yang powerfull karena sering dipakai dalam pembuatan sistem operasi dan juga menjadi acuan bagi bahasa pemrograman lainnya seperti C++, Java, Actionscript dan PHP. Makanya, kebanyakan pemrogram handal memulai dengan C dahulu sehingga jika mempelajari bahasa pemrograman lainnya hanya perlu sedikit penyesuaian.

Untuk membuat program dengan C, sebelumnya kita membutuhkan program untuk membuat program C dulu atau istilahnya Integrated Development Environment (IDE). Biasanya sebuah IDE hanya diperuntukkan untuk sebuah bahasa pemrograman. Tapi ada pula beberapa IDE yang bisa digunakan untuk beberapa bahasa pemrograman. Seperti Dev C++, Visual C# Express Edition, Visual C++ Express Edition, dan juga Net Beans.

Net Beans selain diperuntukkan untuk Java, tetapi juga bisa untuk bahasa C. Namun file installer Net Beans masih terlalu besar dan juga menguras memory jika hanya untuk belajar C. Maka dari itu, saya akan menyajikan tutorial pemrograman C dengan menggunakan Dev C++ versi 5.6.3. Download di sini.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah kompatibilitas karena versi ini bisa dijalankan di Windows 10. Cara menginstallnya pun seperti menginstall program pada umumnya. Namun untuk lebih memudahkan, akan saya sertakan gambar urutan penginstallan seperti berikut:
    1
  1. Setelah anda klik pada file setup yang telah di-download, akan muncul pilihan bahasa. Pilih saja English. OK.
  2. Anda bisa membaca ketentuan yang terdapat pada jendela EULA sampai habis, atau langsung saja klik I Agree.


  3. Select Component
  4. Selanjutnya, anda akan diminta memilih komponen apa saja yang akan di-install. Sebaiknya biarkan saja pilihan defaultnya. Next lagi.
  5. Nah untuk lokasi folder penginstallan, tetapkan juga di C:\. Kecuali jika anda merasa partisi C anda sudah agak penuh tentunya.
  6. Tunggu proses install berjalan.

Saat pertama kali program dijalankan, anda harus membuat setingan awal atau istilahnya "First Time Configuration".
  1. Untuk pilihan bahasa, pilih saja English (Original)
  2. Pilihan tema, juga langsung saja klik Next (biar cepat lah)
  3. Selanjutnya, biarkan juga pilihan rekomendasi yaitu "Cache these headers" yang dipilih. Selesai. Kini Dev C++ anda siap digunakan.
Untuk mencobanya, klik menu File > New > Source File (Ctrl+N). Kini, kita akan membuat program yang sudah terkenal di dunia pemrograman. Yaitu program "Hello World". hehe... Ok. Langsung saja ketikkan code berikut:

#include <stdio.h>
int main()
{
printf ("Hello World");
}

Tes Program

Untuk menjalankannya, klik menu Execute > Compile & Run (F11). Sebelumnya anda diminta dulu menentukan nama file dan folder penyimpanan. Jika koding program anda tidak ada kesalahan, maka tampilannya harusnya seperti ini.
Contoh Program

Selamat. Program anda bisa berjalan lancar. Ternyata mudah sekali kan?. Untuk tutorial selanjutnya, semoga anda tetap semangat belajar ya. Bye ;)
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama