Cara Alignment (Perataan) Yang Benar Pada Adobe Illustrator



Salam desain semua. Kali ini saya akan berbagi tips ringan saja tentang cara align pada Adobe Ilustrator. Anggaplah sekedar intermezo ya.

Nah, kalau anda terbiasa menggunakan Coreldraw, pasti pada awalnya akan merasa bingung saat mencoba illustrator karena cara kerja align pada keduanya memang berbeda. Sama seperti pengalaman saya sendiri. Karena awalnya selalu menggunakan Corel untuk mendesain, saat belajar Ai kok align-nya pindah-pindah terus ya?. Maksudnya objek-objek yang diseleksi berpindah posisi semua.
Cari-cari tutorial di internet, malah jarang sekali yang membahas dasar align di Ai. Sempat terpikir untuk berhenti belajar saja. Eh, akhirnya ketemu solusinya tapi lupa nama situsnya (saya ucapkan terima-kasih).

Biar pembaca yang belum tahu dan bernasib seperti saya mendapat pencerahan, simak saja uraiannya berikut.


Di Corel jika ingin membuat suatu objek sejajar atau perataan (baik itu rata tengah, kiri, kanan, atas dan bawah) terhadap objek lain, biasanya kita akan klik objek yang ingin diratakan lalu klik objek kedua atau objek tujuan/objek kunci. Apapun perataannya, objek yang kedua akan tetap diam. Namun berbeda kasusnya dengan di Ai. Meskipun anda hanya ingin rata atas atau bawah saja, kedua objek akan berpindah bersamaan.

Usut punya usut, ternyata itu karena di Ai, anda harus menetapkan objek kunci setelah menyeleksi dua objek/lebih. Jadi jika ada 2 objek dan sudah terseleksi semua, anda harus klik sekali lagi pada objek yang ingin dijadikan objek kunci. Cara klik-nya juga hanya klik biasa saja kok. Tidak perlu dengan tekan tombol Shift atau Ctrl segala. Setelah itu, baru objek yang ingin diratakan saja yang berpindah. Jadi kesimpulannya, tidak mesti objek terakhir saja yang dipilih lalu akan menjadi objek kunci di Ai.

Oh ya, perbedaan lain yang mendasar adalah Ai tidak menyediakan shortkey seperti Corel untuk perataan tertentu. Misalnya untuk rata tengah horizontal kita akan menekan tombol C di Corel. Namun di Ai, kita harus meng-klik ikon-nya.

Ok begitu saja. Singkat bukan?. Tapi karena jarang yang nge-post, yang mudah malah jadi susah (karena belajar otodidak).

Semoga yang bingung, gak terus murung...
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama