Tutorial Photoshop : Membuat Frame Photo Sederhana

Hai...baru kali ini saya dapat memposting tulisan lagi. Berhubung ini pertama kalinya saya posting tentang tutorial Photoshop, saya akan menulis tentang teknik sederhana cara membuat frame foto. Silahkan disimak.

Dalam suatu foto, kadang ada objek yang ingin ditonjolkan. Teknik yang dipakai bisa bermacam-macam & salah satunya adalah dengan memberinya bingkai/frame sehingga objek di dalam frame tersebut menjadi pusat fokus (point of focus) pada suatu foto.

  1. Langkah awal buka dulu program Photoshop (tentu saja karena tutorial ini tentang photoshop) dan buka file foto yang akan di edit.  Saya memberi contoh dengan foto mobil.











  2. Setelah kalian memilih foto, duplikat dulu layer backgroundnya. Klik menu Layer > New > Layer via Copy (Ctrl + J). Fungsi dari menduplikat layer ini agar layer asli (sebelum diedit) masih bisa dikembalikan jika ada kesalahan.
  3.  Buat layer baru di atas layer 1. Klik Rounded Rectangle Tool (U) di Tool Box sebagai framenya. Pastikan kalian memilih opsi path di atas. Fungsinya agar kotak yang dibuat bisa dijadikan seleksi.




  4. Buat kotak mengelilingi mobil. Klik kanan > pilih Make Selection. Isi nilai Feather Radius dengan 0 agar tepi kotak tidak terlihat blur.
  5. Setelah kotak menjadi seleksi (ditandai dengan garis putus-putus), kita akan membuat tepi kotak. Klik menu Edit > Stroke. Isi nilai width 10px. Maka hasilnya seperti berikut. 


Untuk menghilangkan seleksi yang masih aktif, klik menu Select > Deselect. Pada bagian ini, frame kita sudah jadi. Sisanya tinggal dipoles sedikit lagi dengan menambahkan Shadow atau Teksture.
Sisa yang sedikit lagi itu, saya serahkan kepada kalian untuk berkreasi. Selamat mencoba :)

Pelan-Pelan Saja! 

 


 

 

 


Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

1 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama