Yuk Nostalgia Dengan Majalah Bobo Lawas!


Bobo Pertama
Bobo versi awal.

"Teman Bermain dan Belajar".


Itulah slogan Bobo yang sudah terbukti karena kesetiaannya untuk selalu menemani sejak awal kemunculannya 14 April 1973 sampai dengan sekarang. Berarti sudah 46 tahun. Tentunya banyak om ganteng (termasuk saya) dan tante manis yang masa kecilnya memiliki kenangan dengan majalah yang satu ini. Padahal era 80 sampai 90-an, banyak juga lho majalah anak-anak dengan konten yang tidak mau kalah. Namun ternyata hanya Bobo yang masih tetap bertahan. Salut.

Dalam usahanya untuk tetap eksis di tengah persaingan digital, Bobo juga memiliki situs yang cukup keren tampilannya. Yaitu bobo.grid.id. Banyak artikel-artikel bermutu yang bisa di ulik di sana. Bobo juga membuat channel Youtube-nya sendiri. Yang antara lain memuat tentang video tutorial dan video pengetahuan.

Nah, sebagai pelopor majalah anak berwarna pertama di Indonesia, Bobo sangat memanjakan pembacanya dengan beragam rubrik menarik selain cerpen dan dongeng. Di antaranya seperti:

  • Apa Kabar Bo?.
    Rubrik ini memuat surat dari pembaca Bobo yang mayoritas tentu saja usia SD ke redaksi. Jadi secara tidak langsung dapat melatih anak untuk menyampaikan ide dan perasaannya.

  • Tak Disangka.
    Yang memuat pengalaman-pengalaman lucu dari pembaca. Kalau baca rubrik ini, minimal saya masih bisa tersenyum simpul.

  • Profil.
    Berisi biografi artis atau tokoh terkenal. Karena dulu penyanyi anak-anak masih cukup banyak, maka rubrik profil biasanya memuat dialog tanya-jawab selain biodata artis cilik yang sedang booming.

  • Sahabat Bobo.
    Di rubrik ini, anak-anak dapat mengirimkan profil beserta foto mereka. Jadi mereka bisa mencari teman baru yang memiliki hobi sejenis atau yang tinggal di kota berlainan. Selain mendapat teman baru, mereka tentu saja bisa belajar berkorespondensi sejak dini. Biasanya sih jaman SD saya, hanya sekedar melihat-lihat saja foto anak-anak gadis yang manis di rubrik ini. Lumayan buat cuci mata.

  • Untuk Latihan di Rumah.
    Yang terakhir, rubrik yang tentunya sangat membantu sekali nih. Karena Bobo memberikan latihan soal beberapa mata pelajaran untuk siswa kelas 1-6 SD. Nanti jawaban soalnya akan dicantumkan pada Bobo edisi berikutnya. Saya pun suka sekali mengisi latihan ini. Hanya saja saya mulai gemar mengisi saat sudah duduk di kelas 3 SMP. hehe...
Sebenarnya masih banyak lagi rubrik Bobo yang membuatnya tetap dicintai pembacanya. Yang identik dengan Bobo seperti Bona dan Rong-Rong, Pak Janggut, Oki dan Nirmala, Paman Kikuk, Ensiklopedi Bobo, dan lain-lain. Hanya saja yang saya tulis adalah yang dulunya meninggalkan kesan untuk saya. Kalau anda, kira-kira rubrik mana dari Bobo yang pernah menjadi favorit?.

File ebook yang saya bagikan berformat DjVu. Untuk membacanya baik di komputer atau di hp, sebaiknya anda membaca dulu panduannya di menu "Cara Membaca Ebook" atau anda bisa langsung klik di sini.

Link Download.
1. Bobo_1980 9. Bobo_1990
2. Bobo_1981 10. Bobo_1991(1)
3. Bobo_1984 11. Bobo_1991(2)
4. Bobo_1985 12. Bobo_1992
5. Bobo_1986 13. Bobo_1993(1)
6. Bobo_1987(1) 14. Bobo_1993(2)
7. Bobo_1987(2) 15. Bobo_1994
8. Bobo_1988
Update 25 Maret 2021:
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

17 Komentar

  1. ☺☺.. aktif lagi gan.. semangat share bacaan jadul lagi 👍

    BalasHapus
  2. Makasih. Iya baru sempet share lagi karena sibuk dengan rutinitas harian.

    BalasHapus
  3. iya. terima kasih juga sudah mampir.

    BalasHapus
  4. link nya gak bisa di download gan?

    BalasHapus
  5. Link yang mati sudah diperbaiki. Trims infonya ya...

    BalasHapus
  6. kak, tambahin lagi donk bobonya, yang tahun 1989

    BalasHapus
  7. Halo gan mau nanya nih knp filenya habis di ekstrak jadi format djvu ya? Bukanya ini pake apk apa ya? Mohon penjelasannya ya. Terimakasih.

    BalasHapus
  8. terimakasih yaa. keren banget banyak bobo lawas..
    tapi sayang ya ngga ada yang tahun 1998 :)

    BalasHapus
  9. kok gak bisa didownload ya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok. ni dah saya coba beberapa kali dengan nomor yg berbeda. setelah klik check box "i'm not robot" tunggu dulu kan 10 detik. kemudian klik lagi tombol "click here to continue". terbuka tab iklan baru. tutup saja. balik ke tab download sebelumnya. tunggu sampai proses "generating link" selesai. lalu klik "get link".

      kalo kurang jelas, baca lagi penjelasan cara download..smoga bisa y

      Hapus
  10. Terimakasih banyak bang.. Berharap ditambah lg tahun 97-2000. Karna itu era aku baca bobo hehehe.

    BalasHapus
  11. Kok begitu di extract filenya, ga bisa di buka ya fotonya

    BalasHapus
  12. Kak. Kok linkny malah masuk k web lain y? Gak bisa d download.

    BalasHapus
  13. Terima kasih op untuk sharing majalahnya, saya sarankan di backup di archive org juga untuk jaga jaga

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama