Cara Mudah Membuat Bootable Flashdisk Menggunakan Narco Win All USB

Tempo hari, saya baru menginstall netbook teman dengan windows 7. Karena netbook tersebut tidak memiliki DVD-ROM, terpaksa saya harus merelakan flashdisk satu-satunya untuk dijadikan bootable usb. Kebetulan beberapa hari sebelumnya, saya menemukan software untuk membuat installer windows dalam flashdisk yang katanya buatan anak bangsa.

Yang membuatnya istimewa adalah program ini sanggup untuk menampung beberapa installer Windows. Apa dan bagaimana prosesnya?. Lanjut di bawah ini.


Nama program ini adalah Narco Win All USB. Tidak jelas dari mana asal pembuatnya atau kapan versi pertamanya dirilis, yang pasti setelah meng-ulik program ini ternyata mudahnya tidak main-main. Download Narco Win All USB.

Awalnya saya mencoba step by step seperti yang di tulis pada blog di mana saya menemukan program ini, yaitu di ekodebianserver.binushacker.net. Silahkan anda baca saja panduannya di blog tersebut jika ingin tahu versi formalnya.

Singkat cerita sesudah mengikuti panduannya, flashdisk tersebut memang bisa dipakai dan syukurnya proses instal netbook berlangsung lancar. Tapi karena masih penasaran, saya ingin mencoba membuat usb bootable memakai Narco tapi dengan prosedur berbeda.

  1. Pertama, saya hanya memformat flashdisk dengan file system FAT32.
  2. Selanjutnya, ekstrak semua file narco ke flashdisk.

    Proses ekstrak Narco ke flashdisk
    Proses ekstrak Narco ke flashdisk.
  3. Buka folder [narco].WinAll.USB, lalu Cut semua isi folder itu ke luar. Setelahnya, hapus saja folder dan file rar-nya karena sudah tidak diperlukan lagi.

    hapus folder
    Memindahkan file ke luar folder
  4. Terakhir, tinggal copy file iso yang ingin dimasukkan ke dalam folder ISO. Karena kapasitas flashdisk saya hanya 8Gb, jadi saya hanya memasukkan Windows 7 saja sebab versi Windows ini masih cukup disenangi karena lebih ringan.

    Sisa 3Gb lagi bisa saya pakai untuk program-program tambahan yang diperlukan seperti office dan lain-lain.

    Copy file iso
    Copy file iso
Sayangnya program Narco ini mempunyai kelemahan yang cukup fatal yaitu ada bagian yang terdeteksi sebagai virus oleh anti virus Smadav (entah dengan anti virus lain) sehingga otomatis di karantina atau malah terhapus.

Jadi begitu flashdisk ingin dipakai untuk menginstall ulang lagi, malah gagal karena ada komponen program yang hilang. Mungkin beberapa solusi mengatasinya adalah:
  • Flashdisk hanya disambungkan ke komputer apabila ingin install ulang saja,
  • non-aktifkan anti-virus di komputer jika ingin mencolok flashdisk yang sudah terdapat Narco,
  • kalau sudah terlanjur terdetect sebagai virus dan flashdisk tidak bisa dipakai instal ulang lagi, hapus narco sebelumnya kecuali file-file iso yang menjadi installer dan copy narco yang baru ke flashdisk.

    Dengan begitu, bisa menghemat waktu karena  tanpa perlu format ulang dan meng-copy lagi file iso installer windows. Selamat mencoba.

Referensi: ekodebianserver.binushacker.net
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama