Membuat Gulungan Kertas Dengan CorelDraw

rol kertas

Pada tutorial berikut ini, saya melanjutkan lagi tutorial sebelumnya yaitu membuat gulungan objek kertas tua hanya saja kali ini menggunakan CorelDraw. Dianjurkan sekali anda telah menguasai dasar-dasar penggunaan Corel dulu untuk lancar mengikuti tutorial ini.

Untuk mempelajari cara membuat objek kertas tua dengan photoshop, silahkan baca artikel Membuat Objek Kertas Tua dengan Photoshop.


Saya memakai Corel X3. Pertama-tama setelah terbuka dokumen baru kita akan:

A. Membuat Objek Kertas.
  1. Klik Spiral Tool (A) di toolbox. Setting Spiral Revolutions: 2, di sebelahnya pilih Logarithmic Spiral.

    Setting spiral
    Gambar 1: Setting spiral.

  2. Kini, buatlah bentuk spiral pada lembar kerja. Agar bentuk spiral tidak gepeng, tekan dan tahan tombol Ctrl sambil drag & drop.

  3. Setelah jadi, klik Pick Tool di Toolbox. Lalu klik lagi icon Mirror Horizontally untuk membalikkan spiral.

    Spiral yang dimirror
    Gambar 2: Spiral yang dimirror.
  4. Klik 2x pada spiral tersebut atau tekan F10 untuk mengaktifkan Shape Tool. Rubah bentuk spiral menjadi seperti gambar 3.

    Pada tahap ini, anda harus banyak-banyak bersabar. Gunakan pilihan Make Node Smooth atau Make Node Symmetrical. Perhatikan juga bahwa ada node yang di-delete.

    Mengatur node spiral
    Gambar 3: Mengatur node spiral.
  5. Kalau sudah dirasa pas, klik Interactive Extrude Tool pada Toolbox. Drag & drop extrude pada spiral ke kiri. Maka jadilah gulungan kertas. Untuk mengganti arah perspektif, ubah setingan Extrusion Type menjadi tampak depan. Perhatikan gambar 4.

    Oh ya, saat anda merubah Extrusion Type ini, maka bentuk kertas menjadi melar. Untuk merampingkannya, tinggal tarik saja tanda "X" extrude ke kanan. Beres.

    Setting Extrude
    Gambar 4: Setting Extrude.
B. Membongkar Extrude dan Memberi Warna.

Roll kertasnya sudah jadi. Hanya saja tidak bisa di beri warna macam-macam. Untuk itu, anda harus membongkar dulu objek kertas menjadi bagian-bagian terpisah.
  1. Klik kanan pada objek. Pilih Break Extrude Group Apart (Ctrl+K). Sekilas tidak ada perubahan setelah di-break. Tapi jika anda perhatikan di Status bar, ada keterangan "2 Objects Selected on Layer 1."

    Dua objek itu adalah grup kertas dan spiral yang anda buat. Lebih baik spiral ini dihapus saja karena sudah tidak dibutuhkan. Setelah itu, anda ungroup objek kertas.

    Spiral awal
    Gambar 5: Spiral awal.
  2. Setelah di-ungroup barulah bisa diberi warna pada masing-masing objek kertas. Eits, tapi tunggu dulu. Sebelumnya, coba anda klik 2x pada salah satu objek. Maka anda akan melihat objek tersebut terdiri dari banyak node.

    Hal ini sangat tidak efisien. Selain pemborosan, juga menguras memori. Lebih baik anda kurangi saja node-nya. Caranya pilih dulu semua node (Ctrl+A) lalu anda bisa langsung klik Reduce Node beberapa kali atau dengan memasukkan nilai, misalnya 3 di bagian Curves Smoothness pada property bar.

    Mengurangi node
    Gambar 6: Mengurangi node.
    Mudah kan?. Silahkan anda kurangi juga node-node di bagian yang lain. Selanjutnya berikan juga warna-warna terserah anda pada tiap objek.
C. Finishing

  1. Buat node baru di tengah-tengah kertas. Lalu tarik sedikit ke atas untuk membuat potongan.
    Membuat potongan
    Gambar 7: Membuat potongan.
  2. Agar tepi kertas terlihat seperti robek-robek, pilih Eraser Tool (X) di toolbox. Setting Eraser Thickness: 2,7 mm. Untuk menggunakannya, klik 2x pada tepi kertas.
    Anda bisa mengkombinasikan bentuk eraser, antara yang bulat dan kotak. Silahkan berkreasi.

    Eraser Tool
    Gambar 8: Setting Eraser Tool.
  3. Kini kita membuat cekungan pada bagian atas. Group bagian atas kertas.

    Grup bagian atas
    Gambar 9: Grup bagian atas.
  4. Klik Interactive Envelope Tool di toolbox. Lalu tarik node bawah dari gulungan ke atas.

    Envelope Tool
    Gambar 10: Envelope Tool.


    Tapi coba anda zoom hasil dari envelope. Ternyata ada bagian yang kurang rapih terlihat di pinggir roll. Lihat gambar 11.

    hasil envelope
    Gambar 11: Hasil envelope.

    Jika tidak terlalu terlihat sih mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau parah mari kita perbaiki. Ungrup kembali bagian roll. Klik kanan pada roll bawah, pilih Convert to Curves (Ctrl+Q).

    Merubah ke kurva
    Gambar 12: Merubah ke kurva.
    Setelah itu, tarik node di ujung kiri bawah yang menyembul di roll. Sembunyikan agar tidak terlihat lagi. Untuk yang bagian atas, sama saja tetapi tidak perlu di-convert dulu karena merupakan bagian kertas yang koyak.

    Terakhir, grup semua objek. Hilangkan garis outline-nya dengan klik kanan tanda silang di Color Palletes. Lalu tinggal anda tambahkan teks sesuai selera anda.
Akhirnya selesai juga. Saya berharap, dari pembahasan yang agak panjang ini bisa dengan mudah dipahami karena saya telah membaginya kedalam beberapa tahapan.

Namun, kesalahan adalah mutlak milik saya dan jika masih ada yang kurang jelas, kiranya bisa langsung disampaikan saja di kolom komentar. Dengan senang hati pasti saya jawab. Pesan saya selalu, "Jangan bosan berlatih ya. Karena..."

variasi banner
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama