Cara Memberi Fill Gradasi Text Pada AI Dengan Mudah

 

Dulunya, saat awal saya belajar dan menekuni AI, untuk memberi warna gradasi pada text, saya selalu mengconvert-nya terlebih dulu menjadi path dengan cara klik kanan text > Create Outlines atau dari menu Type > Create Outlines (Ctrl+Shift+O).
Sialnya jika ada klien yang meminta perubahan pada text. Karena text sudah menjadi path yang sudah tidak bisa dirubah, baik itu merubah case huruf (upper/lowercase dll), atau jenis font, berarti saya harus men-delete dan mengetik ulang.

Wah, cape deh. Ribet!. Ndak Praktis!
. Dan akhirnya kepikiran untuk balik pake Corel saja yang sudah bertahun-tahun saya geluti. Tapi saya terima saja takdir ini dan menjalani dengan tabah. Hehe...

Nah setelah akhirnya beberapa bulan, barulah saya secara tidak sengaja menemukan cara yang lebih cepat dimana text jika ingin diberi warna gradasi, tidak perlu di convert dan masih bisa diedit ulang. Cara tersebut adalah....jeng...jeng...jeng...ehem..yaitu klik dulu pada text, lalu di panel Appearance, pilih tanda Add New Fill (Ctrl+/) yang terletak di bawah panel tsb. Habis itu, jika sudah diberi warna gradasi, text tetap masih bisa diedit.
Letak icon Add New Fill

Untuk Apa Itu Add New Fill?

Kalau menurut saya, fitur ini adalah untuk mencampur-campur warna. Misalnya saya membuat kotak dengan warna kuning. Lalu jika klik Add New Fill dengan warna merah, maka tentu saja objek tersebut menjadi merah. Tapi jika opacity warna merah dikurangi, maka kotak bisa menjadi oranye (karena sudah berwarna kuning sebelumnya). Ajaib kan?.

Ah, biasa aja. Karena di Corel pun ada juga fitur yang mirip. Umpama kotak berwarna hijau tua. Lalu Ctrl+klik kiri pada warna misalnya kuning beberapa kali. Maka hijau tua pelan-pelan jadi cerah. Setelah itu, Ctrl+klik lagi pada warna lain sampai jadi campur aduk juga boleh...Memang di Corel lebih cepat. Tapi di Ai juga bisa lebih spesifik.

Ok.. Semoga tips yang sudah saya jelaskan ini bisa berguna khususnya bagi pembaca yang sedang belajar AI (seperti saya). Terus Semangaattttt...
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

2 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama