Memperbaiki Tampilan Thumbnail Google Image

Pernahkah saat anda sedang mencari gambar dengan search engine Google, tidak ada hasil yang ditampilkan? Apakah ini kesalahan browser? Ataukah sistem operasi komputer anda? Jika anda berfikir demikian, baca dulu artikel ini.

Kejadiannya baru saya alami hari ini (sepertinya yang pertama kali seumur hidup) saat sedang mencari contoh desain poster. Seperti biasa, saya mengetikkan kata pencarian di kotak pencarian firefox lalu Enter. Begitu masuk ke halaman hasil pencarian Google, sayapun meng-klik tab Image di atas. Namun hasilnya mengherankan (atau membingungkan?...). Ilustrasinya seperti ini:

Dari hasil pencarian, hanya beberapa gambar yang bisa dilihat thumbnail-nya. Selebihnya sampai saya scroll ke bawah, gambar tidak bisa ditampilkan. Anehnya, kalau saya klik pada gambar yang kosong, thumbnail-nya baru muncul. Dugaan pertama, tentu saja setting firefox saya yang berbuat ulah.

Setelah diusut dari mulai membersihkan history & cookies sampai instal ulang firefox tetap memberikan hasil yang sama, akhirnya Google yang saya curigai menjadi tersangka.

Bagaimana tidak, saat saya mencari image dengan search engine Yahoo, thumbnail image bisa di tampilkan semua. Tadinya saya ingin menyerah & ingin mendaulat Yahoo untuk menggantikan Google.
Namun di Yahoo saya pun menemui masalah. Yaitu saya tidak bisa menemukan pilihan untuk mem-filter pencarian seperti di Google (entah memang tidak tersedia atau saya yang tidak bisa menemukannya). Tapi, "ada apa dengan Google?"

Dari penyelidikan mendalam, saya mendapatkan solusi dari forum Google yaitu bahwa setting Security di Internet Options yang bermasalah. Untuk langkah detail troubleshooting-nya (saya menggunakan Windows 7),

1. Buka Control Panel > Network and Internet > Internet Options,
2. Pada jendela Internet Properties, pilih tab Security lalu klik tombol Custom level di bawah,


Setelahnya akan tampil jendela Security Settings - Internet Zone.

Kalian boleh membaca semua pilihan & mengira-ngira dimana letak salahnya. Atau, kalian langsung ambil jalan cepat yaitu dengan menekan tombol Reset di bagian bawah. Saya memilih reset ke medium-high (default), lalu OK.

Dari hasil tes pada komputer saya, cara ini bisa mengembalikan tampilan thumbnail di Google image.
Jika anda menemui masalah yang sama, ingat-ingatlah cara ini. Good luck :)


Referensi: productforums.google.com
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

2 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama