Panduan Mudah dan Cepat Merubah Gambar Menjadi Teks di CorelDraw dan Photoshop

Seperti biasanya jika dalam postingan tutorial sebelumnya saya lebih sering membandingkan antara Photoshop dan Coreldraw, kali ini pun saya akan membahas kemampuan sederhana tapi penting untuk diketahui oleh yang masih belajar dan terus belajar (seperti saya), yaitu kemampuan untuk merubah gambar menjadi teks.

Walaupun secara teknis orientasi kedua program ini berbeda. Maksud saya, sederhananya ialah Photoshop untuk gambar bitmap dan Corel untuk gambar vektor. Tapi tetap saja kemampuan untuk merubah gambar menjadi teks mutlak harus ada.

Nah, buat anda yang bergelut sebagai desainer grafis atau memang sudah terbiasa, eits jangan berpaling dulu. Karena siapa tahu dalam artikel ini anda bisa mendapat ilmu baru atau sekedar menambahkan jika ada kekurangannya. Buat yang memang perlu tahu, selamat membaca saja. Semoga artikel ini bisa menjadi manfaat.

"Merubah gambar menjadi teks? Apakah anda pikir hal itu bisa dilakukan?". Kalau menurut saya sih tidak. Karena gambar tetaplah gambar dan tidak bisa dirubah menjadi teks yang dapat diganti dengan mudah. "Lokh, kok judul postingnya ada embel-embel Mudah dan Cepat "Merubah Gambar menjadi Teks"? Mungkin waktu nulis artikel, mas-nya ngantuk-ngantukan ya?".

Nah lho, tenang dulu saudara. Memang saya akui saya agak ngantuk waktu nulis postingan ini. Tapi judul postingannya sengaja dibuat begitu selain biar bikin kalian penasaran, juga memang masih ada hubungannya.

Karena gambarnya nanti akan dimasukkan ke dalam teks sehingga mirip dengan bentuk teks. Yahh, kira-kira begitulah maksudnya (alasan sebenarnya sih saya ga bisa mikirin judul yang lain).

Yup. Biar lebih jelas, langsung saja praktek ya. Mula-mula dari Corel dulu.

A1. Coreldraw - Memasukkan Gambar ke Dalam Teks Dengan Powerclip.

Fitur Powerclip pada Corel berguna untuk memasukkan suatu objek ke dalam objek lain. Biasanya gambar background yang dimasukkan kedalam kanvas bidang kerjanya. Karena saya masih menggunakan Corel X3, powerclip berada pada menu Effects > Powerclip. Untuk pembahasan saat ini, maka gambar akan di-powerclip ke dalam teks. Lihat contoh.

Contoh dengan text biasa
Skema proses

  1. Siapkan gambarnya dulu. Lalu ketik teks dengan Text Tool (F8), CORELDRAW. Untuk teks, lebih baik pilih font yang gemuk dan tebal. Pada contoh, saya memakai font Impact.

  2. Klik pada gambar. Klik menu Effects > Powerclip > Place Inside Container lalu arahkan cursor panah ke teks CORELDRAW. Cling... maka gambar langsung masuk ke dalam teks.

  3. Kini untuk sentuhan akhirnya saja. Agar teks lebih menonjol, anda tebalkan outline / garis tepi teks. Klik kanan pada warna putih untuk menjadikannya sebagai warna outline. Tekan tombol F12 pada keyboard untuk setting lebih lengkap.

  4. Setelahnya tinggal diberi efek Shadow. Klik 2x di Toolbox grup efek di bawah text tools untuk menampilkan efek yang lain. Anda bisa saja drag dan drop atau dengan memilih Presets yang sudah disediakan di property bar di pojok kiri atas. Mudah kan?

A2. CorelDraw - Memasukkan Gambar ke dalam Paragraph Teks

Mula-mula anda harus tahu dulu jika dalam Corel, ada 2 jenis teks. Yang pertama, adalah teks biasa yaitu jika anda klik Text Tool di Toolbox lalu langsung mengetik di lembar kerja. Nah, yang kedua adalah Paragraph Text. Yaitu jika setelah klik text tools, anda membuat dulu seleksi di lembar kerja lalu mulai mengetik.

Untuk memasukkan gambar kedalam Paragraph Text agak lain dengan text biasa. Karena Paragraph text harus diubah dulu menjadi kurva, baru bisa di-powerclip.

  1. Pertama, siapkan lagi gambarnya. Akan lebih menarik jika gambar itu adalah foto wajah.

  2. Lalu klik Text Tools (F8). Buat seleksi dulu seluas bidang foto.

  3. Sebaiknya anda memiliki dokumen yang memiliki tulisan panjang atau silahkan saja copy paste tulisan di artikel ini. (Biar numpang promosi nih..)

  4. Setelah di copy, anda atur lagi besar teksnya dan jenis font. Lebih bagus jika jarak antar teks semakin rapat dan tanpa spasi. Klik pada Paragraph text yang sudah dibuat, klik Shape Tool (F10) di Toolbox.

  5. Perhatikan di bawah seleksi, akan ada penunjuk spasi. Klik dan tahan lalu geser penunjuk spasi di kanan bawah, maka akan merapatkan atau merenggangkan spasi secara horizontal. Sebaliknya yang sebelah kiri untuk spasi vertikal. Silahkan anda bereksperimen.

  6. Jika dirasa sudah cukup, klik Pick Tool dan pilih Paragraph Text yang sudah dimodif. Klik kanan dan pilih Convert to Curve (Ctrl+Q).
    Kini teks-nya sudah menjadi vektor dan tidak bisa lagi dirubah-rubah.

  7. Sekarang anda tinggal klik pada foto lalu powerclip-kan pada teks yang sudah menjadi vektor. Masih ingat kan caranya?.
Foto yang sudah dimasukkan ke dalam paragraph text
Foto yang sudah dimasukkan ke dalam paragraph text
Setelahnya, anda bisa menambahkan efek lagi untuk mempercantik pada hasil akhirnya.

Berikutnya, anda akan lihat jika pada Photoshop pun tidak berbeda jauh seperti Coreldraw. Lanjut...

B1. Photoshop - Memasukkan Foto ke Dalam Teks dengan Clipping Mask.

Clipping Mask bisa dibilang bersaudara dengan Powerclip-nya Corel. "Hah, sodara apaan? Saudara tiri apa?". Bukan. Maksudnya karena saking miripnya fungsi yang dimiliki mereka berdua.




Pada contoh, apakah anda bisa menebak tehniknya?. Sebenarnya sih sederhana. Foto pada layer paling bawah dibuat hitam putih. lalu ada lagi foto berwarna yang di-clipping mask ke dalam teks.


Kira-kira begini susunannya.
Susunan layer foto yang di-Clipping Mask
Susunan layer foto yang di-Clipping Mask
Prakteknya:
  1.  Setelah foto yang ingin di-edit terbuka, rubah dulu menjadi layer biasa dengan cara klik 2x di pallete layer. Dengan begitu, layer background menjadi layer 0.

  2. Dengan Horizontal Type Tool (T), ketikkan teks apa saja dan posisikan teks tersebut di bagian foto yang ingin dibiarkan berwarna.

  3. Dengan posisi Type Tool masih aktif, klik menu Toggle the Character and Paragraph palletes pada window Option di bawah menu bar.

    Di tab Character, ada pilihan untuk mengatur jarak spasi secara vertikal (Set the leading) dan horizontal (Set the tracking for the selected characters) di sebelah kanan.

    Karena teks yang dibuat hanya 1 baris, silahkan anda cari posisi spasi horizontal yang pas. Jangan terlalu renggang tapi juga jangan terlalu rapat agar teks masih bisa terbaca.

  4. Copy-kan foto / layer 0 via lewat menu Layer > New > Layer via Copy (Ctrl+J). Posisikan di atas layer teks.

  5. Kembali lagi pada layer 0, anda rubah warnanya menjadi grayscale via menu Image > Adjustment > Desaturate (Shift+Ctrl+U). Walaupun di lembar kerja tidak ada perubahan, tapi bisa anda lihat di pallete layer, bahwa layer 0 sudah menjadi grayscale.

  6. Kini kita akan memasukkan foto paling atas ke dalam teks. Klik layer 0 Copy paling atas, klik menu Layer > Create Clipping Mask (Alt+Ctrl+G). Cara lain, anda juga bisa klik di tengah-tengah antara layer 0 Copy dan layer teks sambil tekan dan tahan tombol Alt di keyboard.

  7. Cara Clipping Mask di Pallete layer
    Cara Clipping Mask di Pallete layer

    Foto yang sudah di-Clipping Mask ke Text
    Foto yang sudah di-Clipping Mask ke Text

  8. Sampai di sini sudah bisa dibilang selesai. Anda tinggal menambahkan bermacam-macam efek seperti Drop Shadow, Bevel & Emboss dll.

B2. Photoshop - Memotong Foto dengan Horizontal Type Mask Tool.

Contoh Foto yang dipotong dengan Horizontal Type Mask Tool
Contoh Foto yang dipotong dengan Horizontal Type Mask Tool
Pada cara yang kedua ini, teks tidak lagi berfungsi seperti penampung foto. Tapi untuk memotong area foto seperti pada gambar dengan mengatur jarak dan kerapatan spasi yang pas.
Prakteknya:

  1. Setelah foto yang ingin di-edit terbuka, Anda copy dulu tulisan yang panjang yang sekiranya bisa memenuhi bidang foto. Setelahnya, klik Type Tool di Toolbox dan klik Horizontal Type Mask Tool.

    Posisi Horizontal Type Mask Tool
    Posisi Horizontal Type Mask Tool

  2. Klik di pojok kiri atas untuk awal kalimat. Maka dokumen ditutupi dengan warna merah. Klik menu Toggle the Character and Paragraph palletes. Tentu anda masih ingat kan?.

    Nah sekarang, anda atur terlebih dulu settingan teks yang akan di-paste. Atur spasi horizontal dan vertikalnya, jenis dan besar fontnya. Jangan lupa di tab Paragraph juga. Lebih baik aturlah supaya rata kiri-kanan (Justify All). Ini dimaksudkan agar tidak banyak bagian foto yang hilang terpotong.

  3. Setelah semua pengaturan dirasa cukup, lalu paste teks yang sudah anda copy pada langkah pertama atau bisa juga ketik manual. Jika sudah, klik tanda ceklist di Options yang terletak di bawah menu bar atau Ctrl+Enter sehingga akan terbentuk seleksi teks pada foto.

  4. Sabar ya. Hampir selesai lho. Sekarang dengan satu perintah saja maka foto akan terpotong oleh teks dengan klik menu Layer > New > Layer via Copy (Ctrl+J).

"Tadaaa...Lokh kok tidak terjadi apa-apa?". Hehe..Don't worry. Actually, it works loh..Hallahh...sok british dikit. Sekarang anda tinggal nonaktifkan saja layer foto di bawahnya dengan meng-klik icon mata di pallete layer.

Selesai sudah. Sama saja seperti cara-cara sebelumnya, anda tinggal tambahkan efek shadow dan teman-temannya.

Memang contoh yang saya jelaskan masih sederhana. Tapi dengan mengetahui dasarnya, anda bisa mengembangkan lagi menjadi desain yang beragam. Karena tak akan ada hasil tanpa latihan terus-menerus..Semangat ya!!
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama