Membuat Background Starburst dengan Coreldraw

Setelah sempat memposting cara membuat starburst dengan Photoshop (Baca: 2 Cara Cepat dan Mudah Membuat Efek Starburst di Photoshop) tidak lengkap rasanya jika tidak membahas Coreldraw. Akankah sama mudahnya seperti di Photoshop?

Sayangnya tidak. Pada Coreldraw, ada beberapa langkah yang harus disetting manual. Tetapi saya jamin, bagi yang pemulapun dapat cepat memahami. Saya akan mencoba menjabarkan dengan detail agar bisa mudah diikuti.

 Saya memakai Corel X3 sebagai panduan. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Setelah anda membuat dokumen baru di Corel, buatlah kotak menggunakan Rectangle Tool (F6) di Toolbox dengan ukuran misal 20x20cm. Beri warna Orange. Klik kanan tanda silang di bagian atas pallete Color untuk menghilangkan garis luar (outline).

    Membuat Kotak
    Membuat Kotak
  2. Selanjutnya adalah membuat garis bantu (Guideline) tepat di tengah-tengah kotak. Agar garis bantu dapat presisi pada kotak, anda aktifkan dulu opsi Snap to Objects (Alt+Z) dan matikan opsi Snap to Grid (Ctrl+Y). Dua pilihan ini terdapat di Property Bar pada pojok kanan sebelah atas.

  3. Opsi Snap
    Opsi Snap
  4. Tarik Guideline horizontal dan vertikal ke tengah kotak. Jika posisinya sudah tepat, saat anda menarik garis, akan ada tulisan center.

  5. Membuat Guideline
    Memberi Guideline di tengah kotak

  6. Kini, anda akan membuat garis lurus yang mengelilingi kotak. Tapi karena garisnya akan ada banyak, agar lebih mudah sebaiknya anda pisahkan dulu pada layer tersendiri.

    Caranya, klik menu Window > Docker > Object Manager.  Maka akan muncul docker Object Manager di sebelah kanan. Klik pada Page 1 dan klik lagi icon New Layer yang berada di pojok kiri bawah Object Manager. Akan muncul Layer 2 di atas Layer 1. Anda beri nama Garis.
    Object Manager
    Membuat layer garis

    Di samping nama layer, ada 3 icon yang secara default aktif jika membuat layer baru. Anda tentu bisa menebak untuk apa saja fungsinya. Silahkan anda bereksperimen sendiri.

  7. Selanjutnya adalah membuat garis. Agar garis bisa presisi pada garis bantu, aktifkan dulu Snap to Guideline. Opsi ini terdapat di tengah-tengah antara Snap to Grid dan Snap to Objects.

    Ok. Jika sudah, pastikan anda masih memilih layer garis. Klik Freehand Tool (F5) di Toolbox. Buatlah garis lurus sejajar dengan guideline vertikal dimana ujung awalnya agak jauh di luar kotak dan akhirnya di tengah kotak.

    Saat posisi kursor masih pada garis, klik lagi garis tersebut. Tarik midpoint garis ke ujung bawah. Lihat gambar.
    Membuat Garis Lurus
    Membuat Garis Lurus

  8. Sekarang anda akan menduplikat garis secara melingkar mengelilingi kotak. Klik menu Arrange > Transformation > Rotate (Alt+F8).

    Klik pada garis, lalu setting angle= 15 di docker Rotate. Klik tombol Apply To Duplicate sampai garis sudah melingkari kotak.

    Setting Rotate
    Setting Rotate

    Jika langkah anda sudah benar, pada layer garis akan ada 24 objek curves.

  9. Garis Melingkar
    Garis Melingkar

  10. Sekarang yang anda perlu lakukan adalah memberi warna pada daerah yang dibatasi dengan garis.

    Agar lebih memudahkan lagi, buat layer baru di atas layer garis. Namakan saja warna. Dari pengalaman sebelumnya, anda tentu sudah bisa membuatnya.

    Aktifkan layer warna. Klik Smart Fill Tool di Toolbox. Ikuti setting berikut: Fill Color= kuning, Hairline= none. Jika sudah, klik selang-seling secara memutar di daerah garis. Lebih jelasnya lihat gambar saja ya.

    Memberi warna
    Memberi warna dengan Smart Fill Tool
  11. Di sini bisa diambil kesimpulan bahwa fungsi dari Smart Fill Tool adalah membuat objek baru dari perpotongan beberapa objek dengan syarat tidak ada celah yang terbuka.

  12. Ok. Sampai tahap ini bisa dikatakan sudah selesai. Kini garis melingkar dan guideline sudah tidak diperlukan lagi (sebetulnya guideline, sejak langkah ke-6 sudah tidak diperlukan). Untuk garis, agar semua bisa langsung didelete, klik kanan pada layer garis dan Delete.

Fiuhh..Memang sekilas agak terlalu panjang penjelasannya. Tetapi jika sambil dipraktekkan, saya yakin anda tidak akan menemui kesulitan. Jika ada yang terasa susah bagi anda atau ada yang perlu ditambahkan, silahkan saya tunggu komentarnya.

Nah, berikut adalah variasi dari efek starburst yang bisa anda coba praktekkan sendiri. Terima kasih dan selamat berlatih..

Modifikasi Starburst
Namara

Hidup banyak pilihan.Sesulit apapun, pasti masih ada jalan...

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama